Wednesday, January 28, 2015

Lakon Librarian: The 5 Finger Rule

Apa itu The 5 Finger Rule? Adalah aturan dalam menemukan buku yang tepat untuk dibaca.

Itu adalah keterampilan yang dianjurkan untuk diajarkan ke anak-anak agar mereka mampu memilih buku yang tepat untuk mereka. Aturan 5 jari ini tidak hanya berguna di sekolah, namun juga di rumah. Keterampilan dasar ini dapat membantu anak tidak hanya saat mereka ingin meminjam buku di perpustakaan, tetapi juga bagus saat mereka ingin membeli buku di toko buku.

Jika anak sudah terampil memilih buku sendiri, insya Allah ke depannya mereka akan lebih percaya diri memilih buku yang mereka suka. Tapi tetap ya, sebagai orang tua, kita harus rajin mengontrol bacaan anak-anak kita.

5 Finger Rule
5 Finger Rule

The 5 finger rule ini sangat mudah diajarkan. Saya terjemahkan secara bebas di sini:

  1. Choose a book and read the first page or two. (Pilih satu buku dan baca satu atau dua halaman pertama)

  2. Put one finger up for every word you don't know. (Angkat satu jari untuk setiap kata yang sulit)

  3. If five of your fingers go up while reading, choose another book. (Jika lima jarimu terangkat saat membaca, pilih buku yang lain)

  4. If only two or three fingers go up, you've found a just right book. (Jika hanya dua atau tiga jari yang terangkat, kamu telah menemukan buku yang tepat)

Tentu saja rule ini hanya dapat diterapkan untuk anak-anak saja. Sementara untuk orang dewasa, kalau setiap baca buku berbahasa Inggris atau bahasa lain, lalu terbentur kata sulit dan menyerah, kapan bacanyaaaa? :D

~Happy reading!~

3 comments:

Lakon Librarian #19: Reading level vs Reading interest | Melakoni Hidup said...

[…] Sementara saya, sebagai pustakawan, membebaskan siswa meminjam buku yang mereka inginkan. Terlepas dari buku itu ada di atas reading level mereka atau tidak, saya lebih memperhatikan reading interest mereka, alias minat baca. Karena menurut saya, minat baca anak-anak Indonesia ini sangat rendah, cenderung mengenaskan. Apalagi tidak ditunjang dengan ketersediaan buku-buku yang menarik bagi mereka. Maka tak heran jika saya sering membiarkan mereka meminjam buku yang lebih menantang kemampuan membaca mereka. As long as mereka memperhatikan ‘The 5 Finger Rules.’ […]

Sandrine Tungka said...

Ehehehe, saya baru saja berpikir mungkin ini bisa diterapkan untuk saya, ternyata ada ekornya. :D
Tapi bener, kapan bacanya?? :D :D

Syl si Mak Biker-Brarian said...

Hahaha.. ayo semangaattt! Biasanya sih diskip-skip aja kalau ada yang sulit. Kalau ada waktu dan penasaran bgt baru cek kamus.