Wednesday, February 14, 2018

Lakon Librarian: Blind Date With a Book


Bulan Februari sudah tiba. Tahu kan apa itu artinya? Semua hal yang berhubungan dengan kasih sayang, cinta, dan romantisme akan banyak ditemukan di bulan ini. Dan sebagai pustakawan, haruslah mengikuti tren yang ada. Caranya? Buat kegiatan di perpustakaan. Meski kegiatan kecil, yang penting tetap berpartisipasi, kan?

Ayo dipili-dipili
Untuk bulan romantis ini, event yang saya buat di library adalah 'Blind Date With a Book.' Sounds promising, right? Saya nemu ide ini ya di Google, makanya rajin-rajinlah berseluncur mencari ide **Psstt.. jangan browsing tokped aja ya, meski itu juga penting untuk batin** :p

Idenya adalah: murid meminjam buku tanpa mengetahui judul yang akan dipinjamnya. Jadi saya membungkus buku-buku tersebut, menempelkan clue mengenai level bacaan, genre, note untuk siapa target pembacanya (boys atau girls) dan terakhir sedikit summary biar mereka gak blank-blank amat.

Boys read, too!
Jam-jam pertama, pengunjung masih sepi. Saya sempat deg-degan karena hingga waktu istirahat pertama baru satu anak yang meminjam. Tapi saya tetap optimis, kalau akan ada peminjam lain, apalagi di pagi hari saya sudah minta ke guru wali kelas untuk mengumumkan ke siswanya bahwa di perpustakaan ada kegiatan.

Lalu datanglah jam istirahat kedua. Siswa kelas 4-6 menyerbu dan habis dalam sekejap!

Persyaratannya sih tidak banyak, mereka hanya harus mengembalikan buku overdue mereka (kalau ada), dan boleh meminjam jika masih dalam batas jumlah peminjaman mereka (di sini mereka hanya boleh pinjam maksimal 2 buku saja - itu pun baliknya susaaaahhh, sering pada telaaattt, malah kadang hilang, hiks!)
Gak sabar, langsung buka!
Dan hari kasih sayang kemarin pun sukses! Saya cukup puas dan berterima kasih kepada para guru yang sudah mengumumkan, dan tentu saja kepada siswa yang selalu aktif berpartisipasi. Hmm.. sediain coklat supermen apa ya buat mereka? **eh tapi ntar batuk deh, gak jadi!**

KEESOKAN HARINYA... (which is hari ini) saya tanya ke beberapa dari mereka yang meminjam buku, apakah mereka suka atau tidak. Dan jawabannya: "I like the book!" *so happy!*


No comments: